Senin, 19 Mei 2014

Ulang Tahun? Ups..

Ada yang kontroversial lagi menurutku selama ini.
Selain aliran dan politik, yakni budaya.


Seorang nasionalisme berkata,"Jangan pernah meninggalkan budaya di Indonesia yang beraneka ragam".
Seorang ahli agama pada aliran tertentu berkata,"Jangan mencampur adukkan budaya islam dengan budaya tradisional lain", atau bahkan ada yang pernah mengatakan,"Bid'ah".
Seorang liberalis berkata,"Di zaman modernisasi ini, sudah sepantasnya kita mengikuti budaya barat, biar gaol".

Terlepas dari semua kebenaran perkataan tersebut. Aku hanya mengambil sedikit fenomena yang sering aku baca, dengar, dan sedikit kupahami (karena sedang dalam proses memahami arti kehidupan) di sekitar sini.

Budaya yang kumaksudkan pada pembahasan kali ini berupa budaya dari ujung barat, yang sudah seolah mendaging di Indonesia, yang baru-baru ini telah aku lalui, yakni :

:Ulang Tahun:



Menurut salah satu web di internet :Sejarah perayaan ulang tahun dapat ditelusuri kembali sebelum munculnya Kristen. Dalam budaya pagan diyakini roh-roh jahat mengunjungi orang – orang pada hari ulang tahun mereka. Untuk melindungi orang yang memiliki ulang tahun dari pengaruh jahat, orang-orang diundang untuk mengelilingi dia dan berpesta. Membuat banyak suara untuk menakut-nakuti roh-roh jahat. Pada waktu itu tidak ada tradisi membawa hadiah dan tamu menghadiri pesta ulang tahun akan membawa keinginan yang baik bagi orang ulang tahun. Namun, jika tamu membawa hadiah itu dianggap sebagai pertanda baik bagi orang kehormatan. Kemudian, bunga menjadi cukup populer sebagai hadiah Ulang Tahun. 

Mengerikan, bukan?

Ya, ngeri. Tapi apa sih yang bisa kita bisa lakukan dengan banyak orang di sekitar kita yang sedang berlomba lomba mencapai modernisasi zaman, mengikuti mindset yang seolah-olah hal yang tidak haq merupakan wajar.

Entah mengapa juga, hari demi hari mindsetku semakin meronta untuk mendapatkan berbagai wacana dari media, entah itu tentang pro dan kontra. Untuk itulah, aku menulis beberapa tulisan di sini, berharap ada yang mengingatkan jika ternyata yang aku dapatkan selama ini salah.

Selama ini, ulang tahun adalah hal yang sering kita dengar.
Berbagai fasilitas dengan mudah mengingatkan kita pada momen tersebut.
Lihat saja dengan facebook, dengan hanya satu click saja, kita bisa mengetahui siapa saja yang ulang tahun hari ini. Lihat saja HP yang memiliki memo untuk mengingatkan setiap moment yang dianggap penting oleh pemilik HP tersebut.

Ah, sekali lagi, hendak mengingatkan diri lagi, kalau mereka sedang mengubah mindset kita, sedikit demi sedikit, melakukan perang pemikiran. Ah, atau aku terlalu sibuk dengan kejahatan para musuh islam, sehingga seakan-akan sering mengaitkan hal ini?!

Aku nggak tahu, aku sedang dalam proses memahami.
Aku sedang memasukkan segala informasi yang ada di sekitar, memilah mana yang baik, tidak kaku, dan benar benar tidak salah.

Sehingga itu dia, ketika hasil belum tercapai, dan waktu masih berjalan terasa cepat.
Aku memilih untuk meningkatkan kasih sayang, meningkatkan keakraban dengan keluarga, teman-teman, sahabat, orang sekitar.
Aku mimilih untuk memanfaatkan moment yang mereka buat, tanpa sangat fanatik dengan moment itu untuk lebih memahami orang-orang sekitar.
Lihat saja pada 14 Mei kemarin, orang-orang yang jarang berkomunikasi, jarang bertukar kabar, hanya bisa mengetahui dari kejauhan tentang keadaan umumnya.
Pada saat itu, meningkatkan komunikasinya. Bertukar kabar, bercanda, lebih mengenali apa yang ia kerjakan.

Oke, mungkin akan ada yang membantah, bahwa meningkatkan komunikasi bukan hanya pada hari itu. Memang benar, komunikasi bisa ditingkatkan pada setiap saat, pada tanpa moment yang nyata, moment yang tidak seharusnya kita adakan.
Apa salahnya kan kita memanfaatkan moment tersebut dengan hal yang positif?

Itu bagiku, Is it wrong?

Wallahu 'Alam.

Terimakasih semua atas ucapannya, terimakasih keluargaku yang tiada hentinya mendoakan, memberikan materi dan non materi yang berlimpah.
Aku terharu :D


1 komentar:

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

My activities

style='overflow:auto; height:200px'>